Pendidikan Nade EasyTujuan PendidikanMetodologi PendidikanGuru BermutuPendidikan Network IndonesiaMajalah Teknologi IndonesiaTeknologi Tepat Guna
Ke Halaman UtamaIsu-Isu Teknologi PendidikanDikotomi Teknologi PendidikanTujuan Teknologi PendidikanInternet Masuk SekolahKegiatan Belajar Mengajar (KBM)
[English Language Here]
Ilmu Teknologi Pendidikan


Faktor-Faktor yang Menetapkan Efektivitas Sekolah

Kalau kita melihat faktor-faktor yang menetapkan efektivitas sekolah kita dapat melihat bahwa teknologi pendidikan adalah salah satu isu di dalam satu bagian dari satu faktor (KBM) dari beberapa faktor yang menetapkan sekolah efektif. Teknologi pendidikan hanya adalah 'beberapa macam alat yang mungkin dapat membantu' dan teknologi pendidikan canggih sebetulnya bukan isu KBM yang penting untuk guru atau dosen yang bermutu dan kreatif. Di bawah kita dapat melihat perspektif peran teknologi pendidikan di sekolah yang efektif "".

Faktor-Faktor yang Menetapkan Efektivitas Sekolah

Gambar Asli dari: Factors that Determine School Effectiveness (World Bank)

Bagaimana Keadaan Di Indonesia?

"Puluhan ribu sekolah dalam keadaan rusak atau ambruk termasuk 70% sekolah di DKI Jakarta - Di Jakarta Saja, 179 Sekolah Tidak Layak Pakai! - Hampir 80% Gedung Sekolah di Pesawaran Rusak, dll","Jumlah ruang kelas (SD dan SMP) rusak berat juga meningkat, dari 640,660 ruang kelas (2000-2004 meningkat 15,5 persen menjadi 739,741 (2004-2008)." (ICW) - Kelihatannya makin lama makin banyak sekolah yang rusak! Ref: http://Ambruk.Com

Variety in Teaching Strategies - Strategi Pengajaran (KBM) yang Bervariasi

Yang bertanggungjawab untuk strategi pengajaran yang bervariasi dan kreatif adalah guru dan dosen sendiri. Pengajar adalah wajib untuk menggunakan kemampuan dan kreativitas mereka semaksimal mungkin untuk merancang rencana pembelajaran yang merarik dan efektif. Isu utama dalam perencanaan strategi yang bervariasi dan efektif adalah bahwa siswa/i atau mahasiswa/i diajak seaktif mungkin dalam proses KBM. Guru maupun dosen dapat memilih dari beberapa macam alat bantu termasuk peraga atau teknologi.

Yang penting kalau memilih teknologi canggih adalah teknologinya digunakan sesedik mungkin karena banyak macam teknologi seperti video dan proyektor data (infokus) dapat membuat peran pelajar sangat pasif dalam proses KBM maupun cepat membosankan.

Contoh penggunaan teknologi yang sangat efektif untuk pembelajaran yang mengaktifkan pembelajaran maupun meningkatkan kreativitas siswa-siswi dan guru dapat dilihat di sini.

Adequate Facilities - Fasilitas yang Cukup

Sarana Prasarana yang Cukup termasuk Laboratorium Komputer dan Perpustakaan yang cukup lengkap. Semua sekolah wajib untuk mengajar Keterampilan Komputer dan isu-isu Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Pembelajaran mengenai teknologi adalah isu yang penting di semua tingkat sekolah karena semua anak-anak yang keluar atau lulus dari sekolah perlu kemampuan menggunakan komputer. Karena di Indonesia masih banyak yang tidak lanjut dari SMP maupun SD ilmu komputer menjadi kewajiban di semua tingkat pendidikan termasuk SD.

Yang bertanggungjawab untuk semuanya di atas termasuk laboratorium komputer, perpustakaan, suasana sekolah dan situasi yang kondusif adalah Kepala Sekolah dan Pemerintah, jadi di Indonesia itu paling penting (Prioritas #1) bahwa kita: "Memberantas Korupsi di Dunia Pendidikan Kita".

Guru BerkualitasPerpustakaan : Jantung Pembelajaran
Tujuan PendidikanKurikulumMetodologi & Strategi
Halaman Ini: Aman & Nyaman : Suasana KondusivePeraga & Teknologi Pendidikan

Saran / Informasi Anda

Tujuan Teknologi PendidikanApa Itu Ilmu Teknologi PendidikanIsu-Isu Teknologi PendidikanLink-Link Teknologi Pendidikan
Isu-Isu Paling Penting terhadap KBM di Indonesia