Pendidikan Nade EasyTujuan PendidikanMetodologi PendidikanGuru BermutuPendidikan Network IndonesiaMajalah Teknologi IndonesiaTeknologi Tepat Guna
Ke Halaman UtamaIsu-Isu Teknologi PendidikanDikotomi Teknologi PendidikanTujuan Teknologi PendidikanInternet Masuk SekolahKegiatan Belajar Mengajar (KBM)
 Home & Situs Jaringan
 Database Teknologi
 Berita Tekno Pendidikan
 Tentang Kami
 Resources/Articles/Data
  
Komputer
Pendidikan dan Komputer
Lembaga/Sekolah Komputer
Pelayanan IT / Komputer
Software Komputer
Hardware Komputer
Teknologi Terkait
Pesan dari Lapangan

Internet
Pendidikan dan Internet
Kiat Mendapatkan Dana
Pelayanan Desain Website
Pelayanan Website Hosting
Internet Service Provider
WAN Kota & Desa

Homepage
Membuat Homepage
HTML & JAVA

Teknologi Belajar
Garis Besar
Peralatan Audio-Visual
Bahan Audio-Visual
Lab IPA dan Komputer

Laboratorium Bahasa
Pendahuluan
Masalah2 Lab Bahasa
Model Baru
Model LabB/Self-Access
Manual LabB UpGrade
Perawatan Preventif
Model Bahan Sedehana
Suplier Lab Bahasa

WW-Web
Teknologi Pelajaran
Sumber Bahan Guru
MOO-MOO Pendidikan
Direktori Web
Mengajar K-12
Organisasi
Conferensi
Majalah
Papers

Belajar Jarak Jauh
Desain Bahan Pengajaran

Language Learning
Menggunakan Web
Sumber Bahasa Indonesia

CALL
Computer Aided Language Learning
Hal-Hal Umum
Sumber-Sumber / Informasi
Contoh-Contoh di Web

Lain-Lain
Ikut Forum Komputer
Links Pendidikan
Forum Pendidikan

  
 E-Mail Technolgy Gratis
  
Name:
Surname:

Name@Technology.zzn.com

Login:
Password:

Name@Technology.zzn.com

  
 Belajar di Luar Negeri
  



  
 Penerbangan Indonesia
  
Penerbangan di Indonesia

  
 100 Kunjungan Terakhir
  

  
 Login
  
Login:
Pass:
Register?
  

Ilmu Teknologi Pendidikan

"Video Pendidikan Gratis Buat Para Pendidik Di Seluruh Indonesia!"
Aduh - Televisi Di Kelas Lagi? - A Few Notes.

Winastwan Gora Swajati;
Video pendidikan gratis buat para pendidik di seluruh Indonesia! Check this out! Edukasi TV

Phillip Rekdale;
"The Evolution of the Technology-Based Learning Environment"
"Malaysian schools have at various points in time been introduced to various educational technology innovations. In the early days there was Radio Pendidikan (Educational Radio) and schools were provided with cassette recorders to record these programmes. Some schools were given a few units of overhead projectors. When TV began in Malaysia, TV Pendidikan (Educational TV) was introduced and schools also acquired the Video Cassette Recorder (VCR), to enable them to record TV Pendidikan programmes so they might be shown at a convenient time. What has happened to all these innovative hardware? Are teachers using them in the classroom? WHY NOT? Today we have computers, CD ROMS and the internet. Will they meet the same fate like earlier technological innovations in our schools?"

Televisi Pendidikan lebih bermanfaat untuk Pendidikan Lingkungan (Ibu-Ibu dan Yang Menganggur yang ada di rumah), kan? http://pendidikan.tv/comments.html

Winastwan Gora Swajati;
ha..ha.. you're right pak! contents in Televisi Pendidikan are live streaming, it's will be different if they could provide video on demand service, so users can download the contens when they need.

Phillip Rekdale;
"Video Cassette Recorder (VCR), to enable them to record TV Pendidikan programmes so they might be shown at a convenient time" ATAU "live streaming" (atau VOD)
Sama saja Pak.
Sebenarnya VCR/VCD adalah lebih dapat dipercaya siap dan dapat diakses daripada "live streaming" (atau VOD) kan? #Key Issue

Winastwan Gora Swajati;
Yeah that's a good idea. Sebelumnya kita juga punya ide untuk memberi hibah kepada PKG (Pusat Kegiatan Guru) di gugus dengan perangkat penerima TVE sekaligus perangkat perekamnya. Harapannya petugas di PKG dapat merekam acara yang ada, kemudian menyimpan CD/DVD dalam perpustakaan, sehingga guru-guru di gugus dapat dengan mudah meminjam, menggandakan dan menggunakan hasil rekaman ini. Mereka juga dapat memutar video atau acara yang terekam pada saat KKG (Kelompok Kerja Guru) berlangsung. Overall saya setuju pak!

Phillip Rekdale;
@Winastwan Gora Swajati: "Yeah that's a good idea"
Pak, itu idea dari tahun 1982 (video tape). Sebaiknya meneliti sedikit supaya dapat melihat sebabnya sistem begini juga gagal di kelas.

Saya kadang-kadang menggunakan video di kelas untuk variasi, tetapi kalau tidak pakai juga lesnya jalan lancar.

Winastwan Gora Swajati; Oke pak, masukan yang bagus.. meneliti mengapa penerapannya gagal di kelas.. semoga ada yang berminat dan ada kesempatan untuk meneliti hal ini. Thanks!

Phillip Rekdale;
@Winastwan Gora Swajati: Tahun 1982 saya mempunyai ruang khusus bersama theatre (cinemascope) di mana saya mempunyai banyaaaaak video yang tinggal di-play di jaringan (cable - channel modulated RF) #1 ke semua kelas (lebih efektif daripada pinjam videonya dan ada interkom di semua kelas). Untuk yang mau kontrol (sering stop-start) saya memasang video player di kelas #2.

Sistem ini paling sering dipakai oleh guru-guru setelah ujian atau kalau guru harus memeggang kelas secara medadak atau malas membuat les (tidak enak badan). Salah satu soal adalah isinya video jarang tepat sesuai dengan kebutuhan kelas #3 dan kalau memakai seluruh videonya makan banyak waktu dan tidak efisien (walapun banyak video dibuat oleh departmen pendidikan sesuai kurikulum).

Sebenarnya guru yang mampu jarang menggunakan video kecuali untuk sesuatu tertentu atau variasi (media pembelajaran). Untuk guru yang tidak mampu video dapat menambah malas-nya untuk memperbaiki diri, dan siswa-siswi akhirnya juga rugi.

Televisi/Video hanya adalah salah satu alat yang mungkin dapat membantu dalam proses pembelajaran. Pada tahun 80an banyak pihak percaya bahwa televisi atau video akan membuat revolusi di dunia pendidikan (seperti banyak macam teknologi sebelumnya) tetapi popularitasnya mulai turun pada akhir 80an.

Masih ada, dan masih digunakan, tetapi hanya untuk kebutuhan tertentu seperti teknologi yang lain, tetapi televisi dapat lebih efektif untuk meningkatkan pendidikan, maupun kemampuan masyarakat (Ibu Rumah Tangga dan yang Menganggur di rumah).

Video seperti E-Learning adalah baik sebagai fasilitas samping di sekolah (misalnya di perpustakaan), tetapi seperti E-Learning, Video (TV) jelas bukan prioritas. Prioritas utama masih tetap Perbaiki SDM Manajemen Pendidikan, Mutu Guru, Pembelajaran Kontekstual, dengan Teknologi Tepat Guna (yang sudah ada di semua sekolah).

Informasi lanjut.. http://pendidikan.tv/comments.html

Ref: http://www.facebook.com/winastwangora

Footnote #Key Issue: Kelihatannya setiap kali ada teknologi baru yang muncul seperti 'Live Streaming' atau 'Video on Demand' semua orang sibuk "mencari aplikasi" untuk pendidikan sampai menggali makin dalam ke sejarah teknologi pendidikan (seperti televisi pendidikan). Tetapi kelihatannya mereka tidak bertanya mengapa teknologi seperti Televisi Pendidikan atau Video di Kelas tidak begitu digunakan sampai sekarang. Masalahnya bukan karena sulit diakses, pada tahun 80an guru hanya perlu meminta program dan disiapkan di kelas (melihat di bawah). Masalah-masalah adalah sangat kompleks dan issuenya bukan 'cara menyampaikan', tetapi lebih terkait efektivitas pembelajaran dan pedagogi.

Footnote #1: Semua sistem dan jaringan saya instal sendiri pada waktu sekolah libur (7 minggu). Yang paling berat adalah kabelnya ke Sekolah Bagian SD (Blok Gedung-Gedung Lain) lewat lapangan olah raga (di bawah tanah) - cape deh! Tetapi Sekolah SD sering menggunakan video, jadi akhirnya saya senang.

Footnote #2: Beberapa tahun kemudian dapat menggunakan IR oleh F-Optik tetapi banyak masalah.

Footnote #3: Untuk menggunakan video secara efektif dan efisien gurunya perlu preview video sebelumnya dan mencatat kalau ada isinya yang perlu di-skip (lewat) karena tidak relevan atau penting saat ini. Seharusnya gurunya membuat worksheet yang memberi tugas dan mengarahkan fokus pelajar selama nonton. Kelihatannya di sekolah yang baik saja, banyak guru merasa ini menghabiskan terlalu banyak waktu mereka. Hanya sebagian kecil menggunkan video secara rutinitas (biasanya pembelajaran Ilmu Sosial & Geografi) tetapi kebanyakan guru jarang memakai video.

Di salah satu sekolah di mana saya mengajar dulu katanya kepala guru kadang-kadang minta melihat worksheet (dan lesson plan) kalau guru mem-book peralatan video, supaya guru-guru tidak hanya memakai video untuk mengisi waktu saja (saya sendiri tidak pernah mengalami ini).

Dari pengalaman saya, waktu bekerja di Depdiknas dan saya minta guru-guru di sekolah menengah umum membagi waktu untuk menyiapkan bahan pembelajaran untuk teknologi, jawabannya biasanya "waktu tidak ada", padahal kelas-kelas selesai jam 1.30 siang (pada waktu itu). Memang kita tahu sebabnya - Siang dan Malam mereka sibuk mencari makan. Tetapi kita harus tanya, apa manfaatnya teknologinya?





Dibuat 25 Maret, 2010
Copyright © 2008-2010

  ISU2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Guru Ga Boleh 'Gaptek' ???
Teknologi Tepat Guna
Perkembangan Teknologi Pendidikan Sesuai Arah Pembangunan Pendidikan
Ketidakmerataan Pendidikan Sudah Cukup Sering Dibicarakan
1 Komputer Untuk Satu Siswa, Atau Berapa Rasio Yang Terbaik?
Pembelajaran Yang Standar Dunia
Kita Kan Tetap Harus Berusaha Untuk Mengikuti Perkembangan Dunia, kan?
Skype di kelas bahasa Inggris?
Teknologi Pendidikan Tepat Guna :: "Appropriate Technology"
Programmed learning - E-Learning Dapat Membunuh Kreativitas!
Mobile E-Learning Will Go Away - M-Learning?
Is the role of high-tech in learning significant?
E-Book - Mengapa kita selalu mencari solusi yang sulit?
Video Pendidikan Gratis - Apakah Ini Solusinya?
Kuliah Bersama di Widya Telewicara... Aduh...
Apakah Kebijakan terhadap TIK (ICT) di Sekolah Mengancam Perkembangan Pendidikan?
Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar - Pembelajaran Aktif!
Teknologi Pendidikan - Ilmuwan Teknologi Pendidikan Di Mana?
Apakah Teknologi Pendidikan Adalah Solusinya?
Dunia Pendidikan Terhadap Gagasan Kewirausahaan
 Alat Revolusi Pendidikan
  

Ada Produk Teknologi Yang Dapat Membuat Revolusi Di Bidang Pendidikan Di Seluruh Indonesia. Sekarang kita dapat belajar di manapun, di kota besar, di kota kecil, di desa, maupun di becak. Relatif kecil dan dapat masuk tas anda jadi dapat dibawa ke mana saja. Anda hanya perlu mempunyai niat belajar dan anda dapat belajar tanpa batas. Tidak perlu koneksi ke listrik dan battery dijaminkan selama hidup (katanya). Juga tidak kena ongkos layanan (Internet atau Hanfon). Tidak memakan pulsa jadi kalau anda tidur dan lupa mematikan alat revolusi pendidikan ini tidak akan kena ongkos. Alat ini juga dapat dipakai di seluruh dunia tanpa koneksi khusus. Alat revolusi ini dapat dibeli di toko dekat anda sekarang dan dapat digunakan secara langsung... dan dapat belajar sambil pulang!

Ayo Beli Sekarang!

(Info Lengkap Di Sini)

  

 Pendidikan Kelas Dunia
  
Pendidikan Kelas Dunia
  
 Metodologi Pembelajaran
  

Metodologi Indonesia

  
 Teknologi Pendidikan
  

Ilusi atau Solusi
Ilusi Atau Solusi


  
 Ilmu Sains Untuk Anda
  

Mad Scientist
  
 Website Kami & Kegiatan
  
Sains.TV

  
 Survei Sekolah 2012
  

Apakah Sekolah Anda:
belum punya Internet
sudah punya Internet


  
 Survei Guru 2012
  

Apa Kebutuhan:
Guru Tahun 2012?
(menulis saran anda)


  
 Search Situs TekPend
  


  
 Saran/Chat/Info Online